123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Percepatan Penurunan Stunting dan Eliminasi KIA, Pemkab Rote Ndao dan FKM Undana Tandatangani PKS

ROTE NDAO, VICTORYNEWS – Dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting dan eliminasi Kematian Ibu dan Anak (KIA), sekaligus Peningkatan Kualitas SDM melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Nusa Cendana (Undana).

Penandatanganan PKS dilaksanakan aula pertemuan Dekan FKM Undana, Sabtu (08/10/2022), antara pihak FKM Undana dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, serta UPTD Puskesmas Ba’a, yang dihadiri langsung Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Sekda Rote Ndao Jonas M Selly yang turut menanadatangani PKS tersebut.

Turut mendampingi Bupati Paulina dan Sekda Jonas Selly dalam kegiatan penandatanganan PKS, di antaranya Asisten Administrasi Umum Jermy Haning, Kepala BKA Daniel W Nalle, Kadis Pertanian Salmun Haning, Kadis Kesehatan Nelly F Riwu, Kabag Humum Hangry Mooy, Kabag Umum Handryans Bessie, dan Kepala UPTD Puskesmas Ba’a Gevilawati Pandie.

Sementara dari pihak FKM Undana, yakni Dekan FKM Undana Apris A Adu,
Wakil Dekan I Noorce C Berek, Wakil Dekan II Marylin S Junias, Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Undana Mustakim Sahdan, Ketua Program Studi Psikologi Indra Y Killing, dan Kabag Umum FKM Undana Yane C Ay.

Untuk diketahui tiga PKS yang ditandatangani, pertama antara Dekan FKM Undana Apris A Adu dengan Kepala Dinas Pertanian Rote Ndao Salmun Haning tentang Peningkatan Kualitas SDM melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting, Eliminasi Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Rote Ndao.

Kedua, Dekan FKM Undana dengan Kepala Dinas Kesehatan Rote Ndao Nelly F Riwu tentang Peningkatan Kualitas SDM melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting, Eliminasi Kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Rote Ndao.

Sementara PKS ketiga, antara Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Undana Mustakim Sahdan dengan Kepala UPTD Puskesmas Ba’a Gevilawati Pandie tentang Peningkatan Kualitas SDM melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting, Eliminasi Kematian Ibu dan Bayi di Kecamatan Lobalain.

Dekan FKM Undana Apris A Adu dalam sambutannya mengatakan, atas nama Rektor dan seluruh jajaran FKM menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati dan seluruh jajaran, serta masyarakat kabupaten Rote Ndao.

Menurutnya, dalam melaksanakan kegiatan kolaborasi Program Percepatan Penurunan Stunting mulai 6-7 Oktober di Rote, tim dosen dan mahasiswa FKM Undana mendapat sambutan yang luar biasa pada beberapa sekolah dasar dan gereja-gereja yang menjadi lokus kegiatan.

“Kami sangat berterima kasih karena diterima secara kekeluargaan dan dilayani secara luar biasa saat melaksanakan PMT dan sosialisasi tentang stunting di Rote,” kata profesor pertama di FKM Undana itu.

Apris berharap ke depan FKM Undana dan Pemkab dapat berkolaborasi dalam rangka penurunan angka stunting dan eliminasi KIA, juga dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, serta bidang lainnya.

“Komunikasi yang baik yang sudah terjalin dengan Ibu Bupati, Pak Sekda, Asisten III, dan pimpinan Perangkat Daerah ini dapat terus berlanjut, tak hanya dalam rangka penanganan stunting namun juga peningkatan SDM karena dari sekitar 3.000 lebih mahasiswa FKM Undana, ada sekitar 700-an merupakan anak-anak dari Rote dan anak Rote yang ada di sejumlah kabupaten/kota,” imbuhnya.

Sementara Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sepatah dua kata mengapresiasi FKM Undana yang tulus mau membantu masyarakat dan pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

Menurut Bupati Paulina, Kabupaten Rote Ndao baru berusia 20 tahun sehingga masih banyak kekurangan di sana-sini dan masih membutuhkan sokongan dari berbagai pihak.

“Kebetulan Pak Dekan FKM ini orang Rote, sehingga saya mengajak seluruh orang Rote yang ada di luar Rote Ndao untuk membantu dengan pemikiran-pemikiran cerdas serta program-program dalam rangka kita bekerja sama dan sama-sama berkerja membangun Rote dari apa yang kita bisa lakukan,” kata Bupati Paulina.

Bupati Paulina juga menceritakan bahwa baru tiba dari Jakarta menerima bantuan hibah 1 unit mobil Damkar dari Pemprov DKI Jakarta. Dalam perjalanan tersebut juga bersama beberapa pimpinan Perangkat Daerah mencari dukungan berbagai pihak untuk membantu pembangunan Rote Ndao.

“Ada LSM Internasional Child Fund yang juga ingin membantu dan berkolaborasi dengan Pemkab mengangani Stunting dan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mudah-mudahan dengan berbagai dukungan termasuk dari FKM Undana ini, ke depan dapat membantu menangani permasalahan-permasalahan yang ada di Rote Ndao,” imbuh Bupati Paulina. ***

(dikutip dari Victory News Rote Ndao) Percepatan Penurunan Stunting dan Eliminasi KIA, Pemkab Rote Ndao dan FKM Undana Tandatangani PKS (https://rotendao.victorynews.id/ Editor: Frangky Johannis)

(galeri foto : Humas FKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป