PEMBUKAAN RANGKAIAN KEGIATAN MAHASISWA BARU, SEKALIGUS PERAYAAN DIES NATALIS FKM UNDANA YANG KE 20 TAHUN

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang menggelar Pembukaan rangkaian kegiatan bagi mahasiswa baru sekaligus merayakan Dies Natalisnya yang ke -20 tahun secara sederhana, tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini berlangsung di Kampus FKM UNDANA Kota Kupang, Sabtu (14/08/2021).

Hadir dalam acara ini Dekan FKM UNDANA, Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes, Wakil Dekan (Wadek) Bidang Akademik, Dr. Noorce C. Berek, S.KM., M.Kes, Wadek bidang Umum dan Keuangan, Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes, Wadek Bidang Kemahasiswaan Dr. Serlie K. A. Littik, SP., MKM, Staf Pendidik dan juga Staf Kependidikan.

Kegiatan dimulai tepat Pukul 09.00 WITA. Dekan FKM dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa/i baru yang akan mengikuti rangkaian kegiatan dimulai dari kegiatan PKKBMB ini. 

“Kegiatan PKKBMB memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tentang siapakah mereka ketika mereka berada di lingkungan kampus yang didalamnya juga terdapat seluruh sivitas akademika yang turut berperan dalam setiap proses perkuliahan nanti”, ujar Dr. Apris

Untuk tahun ini, kegiatan PKKBMB diikuti oleh 346 mahasiswa baru berlangsung secara online melalui aplikasi zoom meeting. Ditemui ditempat yang sama, Yeni Damayanti, S.Psi., M.Psi. Psikolog selaku ketua panitia  mengatakan sejak Tahun 2020 sampai sekarang kita menghadapi wabah covid 19. Kondisi ini memberi tantangan juga dalam proses pelaksanaan PKKMB dimana kita melaksanakannya secara online via zoom meeting.

“PKKMB diharapkan menjadi momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan di Perguruan Tinggi baik bidang akademik khususnya terkait program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di FKM maupun non akademik. PKKMB diharapkan dapat menjadi penyadaran akan adanya hal-hal yang mungkin saja dapat menghambat pencapaian tujuan nasional misalnya masalah radikalisme, teoririsme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme, korupsi dan sebagainya. Semuanya ini telah dirangkum dalam masing-masing materi tiap sesinya”, tutur Dosen Prodi Psikologi yang akrab disapa Ibu Yeni itu.

Bertepatan dengan pembukaan kegiatan ini, tanggal 14 Agustus  juga diperingati sebagai hari berdirinya FKM UNDANA. Pada tahun ini, FKM UNDANA genap berumur 20 Tahun. Dalam perayaan sederhana kali ini, Dekan FKM dan jajaran pimpinan fakultas melakukan doa bersama diikuti dengan tiup lilin dan juga pemotongan kue ulang tahun sebagai bentuk rasa syukur.

Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat saat melakukan tiup lilin bersama

“Walaupun situasi sekarang masih dalam Pandemi Covid19, tapi tidak mengurangi kemeriahan perayaan dies natalis ini. Walaupun baru berumur 20 tahun, FKM telah mencetak mahasiswa-mahasiwi yang berprestasi dan juga lulusan yang dapat bersaing dalam dunia pekerjaan. Kami berharap FKM UNDANA lebih meningkat lagi bukan saja dari bidang akademik tapi dari SDM nya. FKM harus tetap menorehkan prestasi-prestasi baik itu mahasiswanya maupun para dosen dalam penelitian dan pengabdiannya di tengah kondisi pandemi ini”, pungkas Dr. Apris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *