Faculty of Community Health

FKM BODY CONTEST CHAMPIONSHIP

E-mail Print PDF

Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana menggelar kembali kejuaraan olah tubuh pada bulan Oktober 2017, setelah vakum selama setahun. Kejuaraan body contest tersebut diikuti oleh puluhan orang peserta yang berasal dari mahasiswa dan non mahasiswa. Penyelenggaraan kegiatan lomba body contest merupakan salah satu bentuk dari promosi kesehatan masyarakat karena olah raga merupakan bentuk aktifitas yang sangat diperlukan untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat. Dewasa ini, berbagai penyakit degeneratif menunjukkan trend peningkatan yang sangat signifikan, dan bahkan menjadi momok yang menakutkan karena penyakit-penyakit tersebut sudah menjadi pembunuh nomor 1 hampir di seluruh dunia. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya adalah: penyakit jantung, diabetes, hipertensi, penyumbatan pembuluh darah, gagal ginjal, kanker, dll. Penyakit-penyakjit degeratif tersebut umumnya tidak terdeteksi pada stadium awal, karena tubuh masih dapat berfungsi dengan normal pada saat sebagian sel-sel jaringan organ tubuh mengalami kerusakan/kematian. Gejala-gejala penyakit degeneratif baru mulai dirasakan pasa saat sebagain besar sel organ tubuh vital sudah mengalami kerusakan dan tubuh sudah tidak mampu lagi untuk melakukan maintenance/ pemeliharaan terhadap jaringan sel yang rusak. Itulah sebabnya mengapa penyakit degeneratif menjadi sulit untuk disembuhkan.

Olah raga rutin adalah solusi yang tepat untuk mencegah munculnya berbagai jenis penyakit yang saat ini sudah muncul sebagai pembunuh nomor 1 di dunia, seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung. Olah raga olah tubuh merupakan pilihan yang di kedepankan oleh bagian kemahasiswaan FKM Undana sebagai kegiatan yang diharapkan dapat menjadi 'ICON' FKM Undana untuk mempromosikan kesehatan masyarakat di dasarkan atas beberapa pertimbangan, yaitu: 1) Olah raga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak dibatasi oleh jenis kelamin, usia, status ekonomi, dll, 2) tidak membutuhkan biaya mahal, 3) Sangat efektif dan efisien untuk membakar lemak tubuh yang tanpa disadari menjadi penyebab utama munculnya penyakit-penyakit degeratif, dan 4) mendapat bonus tubuh yang indah dan ideal, yang pasti di idam-idamkan oleh semua orang.

Kegiatan Body Contest FKM Undana tersebut juga dimeriahkan oleh olah raga bersama "Zumba Dance" sebelum kegiatan utama dimulai serta pada saat jeda pergantian nomor yang dipertandingkan. Zumba dance ini diiukuti oleh sekitar 1000 orang peserta yang sebagian besar merupakan warga FKM Undana serta perwakilan dari fakultas-fakultas  di lingkungan Universitas Nusa Cendana.

.

.

Bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter