Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PKBI Daerah NTT & Fakultas kesehatan Masyarakat UNDANA Teken Kerjasama

TEROPONGNTT, KUPANG — Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Nusa Cendana (Undana) tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama juga sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan oleh Dr. Apris A. Adu, S.Pt, M.Kes selaku Dekan FKM Undana dan Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, MS selaku Ketua Pengurus PKBI Daerah NTT. Acara penandatangan perjanjian kerjasama dilaksanakan di Kantor PKBI Daerah NTT di Jl. Basuki Rahmat no. 2 Kelurahan Naikolan, Kota Kupang, Jumat (20/10/2021).

Foto Bersama Pengurus PKBI NTT dan Pimpinan FKM UNDANA

Direktur Eksekutif PKBI Daerah NTT, Moudy Taopan, SH mengatakan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen PKB dalam mendukung program penunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang Psikologi dan kesehatan masyarakat, yang meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat.

Hal tersebut, kata Taopan, sesuai dengan visi-nya yakni “Terwujudnya keluarga dan masyarakat Indonesia yang bertanggung jawab dan inklusif”, yang diterjemahkan lewat misinya, yakni “Turut mengambil peran dalam mendukung dan memberdayakan mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat Indonesia lewat berbagai kegiatan pengembangan diri guna mencapai masyarakat yang bertanggung jawab serta membangun gerakan inklusif, serta memberikan kesempatan kepada dosen untuk turut meningkatkan sinergitas sumber daya manusia demi mewujudkan visi-misi para pihak.

Perjanjian kerjasama ini, menurut Taopan, akan berlangsung selama 3 tahun dan akan dievaluasi setiap tahunnya. Dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama, diharapkan akan mampu menciptakan ruang-ruang strategis pengambilan keputusan bagi mahasiswa serta meningkatkan model-model layanan masyarakat komprehensif yang bisa menjadi rujukan bagi pihak lain. Selain itu, juga mampu mempengaruhi pemerintah untuk mendukung model kesehatan keluarga berbasis data.

Ketua Pengurus PKBI Daerah NTT, Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, MS mengatakan, PKBI NTT menyambut baik adanya perjanjian kerjasama dengan FKM Undana ini. Apalagi, selama ini sudah ada beberap dosen Prodi Psikologi FKM Undana yang membantu kegiatan konseling di PKBI Daerah NTT meskipun dilakukan secara pribadi dan bukan mewakili lembaga.

Dari sebelah kiri : Direktur Eksekutif PKBI Daerah NTT, Moudy Taopan; SH, Ketua Pengurus PKBI Daerah NTT, Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, MS; Dekan FKM UNDANA Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes

PKBI Daerah NTT, kata Prof. Arjana, memberi perhatian serius terhadap sejumlah masalah penting terkait keluarga berencana dan kesehatan, seperti masalah aborsi, hamil di luar nikah, masalah HIV/AIDS, Narkoba dan obat terlarang serga LGBT dan lainnya. Dengan adanya perjanjian kerjasama, maka dosen dan mahasiswa FKM Undana bisa ikut terlibat membantu dalam upaya memecahan masalah yang ada.

Sementara Dekan FKM Undana, Dr. Apris A. Adu, S.Pt, M.Kes mengatakan, kerjasama dengan PKBI daerah NTT merupakan bagian dari upaya FKM Undana membangun kolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kerjasama ini berkaitan dengan tridarma perguruan tinggi, terutama bidang pengabdian kepada masyarakat.

Penandatangan MoU oleh Ketua Pengurus PKBI Daerah NTT, Prof. Dr. I Gusti Bagus Arjana, MS dan Dekan FKM UNDANA Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes

(max)

(dikutip dari Media Online Teropong NTT) Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PKBI Daerah NTT dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana Teken Kerjasama – Teropong NTT (teropong-ntt.com)

(galeri foto : Humas FKM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *