(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

FKM UNDANA GELAR KULIAH UMUM “Transformasi Digital Public Health Untuk Meningkatkan Status Gizi Kesehatan Masyarakat”

KUPANG, 29 April 2024. Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana (FKM Undana) Melaksanakan kegiatan kuliah umum dengan tema “Transformasi Digital Public Health Untuk Meningkatkan Status Gizi Kesehatan Masyarakat” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Besral, S.KM., M.Sc selaku Narasumber yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).  Moderator dalam kegiatan kuliah umum ini adalah Dr. Yendris K. Syamruth, S.KM., M.Kes, yang merupakan dosen FKM Undana.

Kuliah umum ini dihadiri oleh 250 peserta yang berasal dari gabungan program studi Ilmu kesehatan Masyarakat dan Program Studi Psikologi. Turut hadir pula Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes, Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat Indra Y. Kiling.S.Psi., MA.,Ph.D Wakil Dekan II Fakultas Kesehatan Masyarakat Dr. Marlyn S. Junias, ST., M.Kes, Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Mustakim Sahdan S.KM., M.Kes dan Koordinator Program Studi Psikologi Yeni Darmayanti, S.Psi., Psikolog, serta dosen dan pengajar di FKM Undana.

Kegiaan kuliah umum ini dimulai dengan  Opening Speech oleh  Dekan FKM Undana, Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes. Agenda acara selanjutnya diberikan penyematan tanda cenderamata oleh Dekan FKM Undana  Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes kepada Prof. Dr. Besral, S.KM., M.Sc yang kemudian disebut beliau sebagai bagian dari adat ketimuran dan sebagai simbol bahwa masyarakat Timur senantiasa memberikan kebaikan kepada tamu yang hadir.

Ibu Tanti Rahayu S.Si., M.Sc selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kuliah umum ini adalah dapat memberikan upgrade informasi mengenai Transformasi Digital di bidang Kesehatan Masyarakat, mengingat saat ini kita hidup di era digitalisasi.

Dalam penyampaian materinya Prof. Dr. Besral, S.KM., M.Sc membagi materi dalam 3 pembahasan utama yaitu : 1.) memahami prinsip dan konsep DiPH dan pentingnya dalam lanskap kesehatan masyarakat modern. 2.) mengidentifikasi trend dan inovasi terkini alat dan teknologi dalam praktik kesehatan masyarakat. 3.) Memahami tantangan dan peluang DiPH.  Pembawaan materi yang santai namun jelas dan padat menghadirkan respon yang baik dari peserta. Hal ini terlihat dari antusiasme  para pesrta dalam memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab. setelah sesi Tanya jawab selesai, kegitan kuliah umum ini kembali di tutup oleh Mc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *