(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Ikatan Psikologi Sosial-HIMPSI Bekerja Sama dengan FKM Undana Menyelenggarakan Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Nasional IPS XII

Ikatan Psikologi Sosial (IPS) Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana (FKM Undana) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Nasional IPS XII & Kesehatan Masyarakat. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Peran Psikologi Sosial dalam Pengembangan Komunitas Marginal di Indonesia”. Kegiatan ini berlangsung di Kristal Hotel Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 27-29 September 2023.

Kegiatan ini, dimulai dengan Workshop pada hari pertama tanggal 27 September 2023. Tema Workshop yang diangkat yaitu “Pelatihan Kompetensi Fasilitator Pengembangan Komunitas” yang difasilitasi oleh Dicky C. Pelupessy, Ph.D., selaku pengurus IPS dan juga Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Selain itu juga diselenggarakan Workshop “Pelatihan Metode Photovoice dalam Penelitian Sosial pada Kelompok Rentan”, yang difasilitasi oleh Indra Yohanes Kiling, S.Psi., M.A., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Undana dan juga pengurus IPS.

Selanjutnya pada hari kedua, diselenggarakan acara Temu Ilmiah Nasional IPS HIMPSI dan Call For Paper : Oral Presentation. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay, SE., M.Si. Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Kupang menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Nasional IPS XII di Kota Kupang. Menurutnya, kegiatan Seminar Nasional Ini, sebagai suatu bentuk kegiatan positif yang bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat tentang keberadaan kelompok marginal dan perjuangan yang telah mereka lalui. Penjabat Walikota juga menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Kupang dalam upaya memberikan kesempatan bagi kelompok marginal memperoleh hak-haknya serta turut mengekspresikan diri mereka dan terlibat dalam setiap tahapan pembangunan daerah.

Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada FKM Undana, karena telah menyelenggarakan  kegiatan Temu Ilmiah Nasional IPS XII dan Seminar Nasional. Dr. Andik dalam sambutannya menyampaikan peran psikologi sosial dalam pengembangan komunitas marginal di Indonesia sangat menarik untuk dibahas, karena ini harus diberikan pada persoalan marginalitas. Dr. Andik juga berharap, Rektor Undana, Dekan FKM Undana, dan Pejabat Wali Kota Kupang, dapat mendukung berdirinya Program Profesi Psikologi di Undana.

Rektor Universitas Nusa Cendana, Prof. Dr. drh. Maxs U.E Sanam, M.Sc. juga turut hadir dalam kegiatan ini, mengaku bangga dan menyampaikan terima kasih kepada IPS HIMPSI yang telah memberikan kepercayaan kepada FKM Undana dalam rangka menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional ini.

Kegiatan ini dimulai dengan Opening Speech dari Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes., selaku Dekan FKM Undana, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi seminar oleh Toshi Sasao, Ph.D., selaku Profesor dari Internasional Christian University Japan, kemudian dilanjutkan oleh  Andrian Liem, Ph.D., selaku Dosen Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret, dan materi selanjutnya oleh Prof.  Asnawi Abdullah, S.KM., MHSM., M.Sc, Ph.D., selaku Profesor Universitas Muhammadiyah Aceh.

Ketua Panitia Temu Ilmiah Nasional IPS XII dan Seminar Nasional, Rizky Pradita Manafe, M.Psi., Psikolog., melaporkan bahwa kegiatan ini, sudah berlangsung sejak 13 Agustus hingga 23 September 2023, melalui Webinar yang diselenggarakan. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 196 orang yang terdiri dari peserta offline sejumlah 54 orang dan online sebanyak 142 orang untuk seminar nasional. Sementara untuk peserta call for paper sebanyak 72 orang, yang terdiri dari 44 offline dan 28 online.

Selanjutnya pada hari ketiga diselenggarakan Sarasehan Dosen Psikologi Sosial dan Musyawarah Nasional Ikatan Psikologi Sosial (IPS) dengan tema “Pengajaran & Penelitian Psikologi Sosial serta Profesi Psikologi”, yang difasilitasi oleh Prof. Hamdi Muluk, selaku Profesor dari Universitas Indonesia, yang membawakan materi “Psikologi Sosial di Indonesia: Perkembangan Sains dan Profesi”, dan Dr. Takeshi Hamamura, dari Curtin University, Melbourne, yang memfasilitasi materi “Teaching Social Psychology in Asia”. Kemudian materi dilanjutkan dalam pemantik diskusi tentang “Profesi Psikologi” yang difasilitasi oleh Tim Ad Hoc Pendidikan Profesi dari IPS-HIMPSI.

Sebagai bagian dari rangkaian Temu Ilmiah Nasional IPS XII dan Seminar Nasional, diselenggarakan juga Musyawarah Nasional Ikatan Psikologi Sosial HIMPSI, dan dalam Musyawarah ini, Prof. Dr. Mirra Noor Milla, S.Sos., M.Si., terpilih sebagai Ketua Ikatan Psikologi Sosial Himpunan Psikologi Indonesia Periode 2023—2027.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *