(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Dinkes Kabupaten Kupang Gandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana Bangun Kesehatan 


Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat atau FKM Undana Kupang melakukan Workshop V sebagai bentuk advokasi lintas sektor pembangunan kesehatan di Hotel Neo, Kupang, Senin, 25 September 2023.

Workshop ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Kupang, Rima Kasih Sayang Salean, S.E, bersama lima dosen dari FKM Undana, yaitu Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes, Christina R. Nayoan, S.KM., MPH., Ph.D., Dominirsep O. Dodo, S.KM., MPH., Indriati A. Tedju Hinga, S.KM., M.Sc., dan Rut Rosina Riwu, S.KM., MPH, beserta para camat, para pimpinan atau perwakilan OPD lintas sektor dan para pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang.

Dalam sambutannya, Bupati Kupang yang diwakili oleh Plt Sekda Kabupaten Kupang, Rima Kasih Sayang Salean, S.E, menjelaskan, secara nasional kualitas kesehatan masyarakat telah meningkat tapi kesenjangan status kesehatan antartingkat sosial ekonomi dan kawasan perkotaan dan pedesaan masih cukup tinggi.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik faktor demografis, ekonomi, pengetahuan, akses layanan kesehatan dan kondisi lingkungan.

Plt Sekda Rima Salean mengatakan, dalam rangka mewujudkan kesehatan masyarakat diperlukan pengelolaan pembangunan sumber daya manusia yang produktif dan berwawasan kesehatan guna meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat.

Pemerintah Kabupaten Kupang kata Rima mendukung program pendampingan tata kelola program kesehatan yang telah dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana, dalam rangka mewujudkan salah satu visi dan misi Bupati Kupang dan Wakil Bupati Kupang, yakni mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, beriman, berintegritas, dan berkarakter.

“Dengan adanya tata kelola perencanaan kesehatan yang baik, diharapkan derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan menurunnya prevalensi stunting, jumlah balita gizi buruk, kematian ibu dan anak, dan penyakit berbasis lingkungan, serta meningkatkan usia harapan hidup. Selain itu, kata Rima, juga terkendalinya pertumbuhan penduduk dan meningkatnya pelayanan kesehatan dasar secara menyeluruh,” ujarnya.

Diketahui, tujuan workshop kelima ini adalah advokasi lintas sektor yang dilakukan oleh para dosen FKM Universitas Nusa Cendana Kupang perihal Tata Kelola Program Kesehatan Kabupaten Kupang Tahun 2023.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M. Kes, kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan presentasi oleh Bupati Kupang yang diwakili oleh Plt Sekda Kabupaten Kupang, Ditjen Bina Pembangungan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Hanz Budi Setiawan Dandel dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang.

Selain itu juga dilakukan advokasi lintas sektor untuk mendukung pembangunan kesehatan di Kabupaten Kupang. Pada akhir acara dilakukan penandatanganan komitmen untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kupang sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing OPD.

“Sinergisitasnya dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, adalah segala hal yang menjadi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan terintegrasi,” jelas Prof. Apris di Hotel Neo, Senin, 25 September 2023.

Dengan terlaksananya kegiatan advokasi sebagaimana yang dilaksanakan pada kesempatan itu, semua pihak dalam hal ini OPD lingkup Pemkab Kupang, lintas OPD, kepala wilayah, dan pers bisa berkontribusi sesuai perannya masing-masing.

“Semua pihak bersatu padu meningkatkan pembangunan kesehatan di Kabupaten Kupang. Proses perencanaan harus didahului dengan analisis situasi dari tingkat bawah, yakni Puskesmas dan terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan,” tambah Prof. Apris.

Diketahui, untuk mewujudkan pembangunan kesehatan, telah dikembangkan Sistem Kesehatan Nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012, meliputi unsur pelayanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan, obat dan perbekalan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, manajemen kesehatan dan penelitian pengembangan.(*/pol)



Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Dinkes Kabupaten Kupang Gandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Undana Bangun Kesehatan , https://kupang.tribunnews.com/2023/09/30/dinkes-kabupaten-kupang-gandeng-fakultas-kesehatan-masyarakat-undana-bangun-kesehatan.
Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *